MoBuPI-Ada Nafas Surga di Pantai

Pantai Trisik benar-benar membuatku jatuh cinta lagi pada burung. Dulu skitar 7 taun lalu, si Buntut Sate Putih Phaethon Lepturus (White-Tailed Tropicbird) telah merebut hatiku dan membawa terbang menyusuri terjalnya tebing “Guwo” di daerah panggang, Imogiri, Bantul. (Thanx Yu Evy dengan daya ingatnya tentang tempat ini). Itu adalah JBW (Jogja Bird Walk) saya yang pertama sekaligus pengamatan burung pertama buat saya. Bersama Kadang Kukila dan teman-teman dari komunitas pengamat burung Jogja, seingat saya ada dari KSB Atma Jaya, KP3Burung UGM, dan lainya saya lupa, maaf.. Waktu itu Bionic belum lahir :p.

So..ini dia sang Buntut Sate Putih yang menawan itu..

 

 

Dan Senin, 27 September 2010 lalu saya bersama Imam yang ngakunya peburung amatir, padahal dia bisa ngidentifikasi burung pantai yang buat saya berwarna coklat semua, but he done it easily without field guide, fyuhh… Kali ini saya memaksa otak saya untuk mampu merekam secermat-cermatnya dan hasilnya lumayan, saya bisa merekam 1 burung pantai dalam ingatan saya dan kalo suatu saat saya bertemu i’ll make sure that i can identify them without my field guide (^,^), Insyaalloh.. 1 Jenis itu sudah istimewa skali buat saya yang sudah lama nggak pengamatan burung apalagi burung pantai. Terus terang sampai sekarang pun saya masih merasa mereka coklat, they are all in brown.

Dan 1 burung yang terekam jelas dalam ingatan saya itu adalah Trinil Pembalik Batu Arenaria Interpres (Ruddy Turnstone). Kami menjumpai mereka dalam beberapa penampakan. Ada yang masih berbulu biak/Breeding, peralihan dari breeding ke non-breeding dan ada juga beberapa individu tahun pertama, artinya mereka baru pertama kali melakukan pengembaraan panjang/migrasi ini. Tapi saya masih belum bisa membedakan yang mana yang bulu peralihan dan yang mana yang individu tahun pertama. Yang pasti, tanda jelas kalo mereka masih berbulu biak adalah warna hitam di sekitar lehernya sangat jelas. Sedangkan individu tahun pertama ato bulu peralihan, warna hitam itu tidak begitu jelas dan berganti dengan pola batik (blirik) coklat hampir merata mulai kepala, leher, punggung hingga ekornya.

Dan inilah si Ruddy yang sukses meng-hipnotis-ku hingga saya rela berjemur di bawah teriknya matahari trisik yang hangat(panas ding).

 

Arenaria Interpres

Trinil Pembalik Batu / Ruddy Turnstone/ Arenaria Interpres

 

Dan ada satu lagi burung lucu imut yang cantiiiikkkk banget, Sanderling Calidris Alba atau dalam bahasa indonesia disebut Kadidi Putih.

 

Kedidi Putih

Sanderling

 

Saya masih selalu merasakan adanya kedamaian ketika berada di tepi pantai, meski panas matahari begitu terik membakar kulit saya ataupun angin membadai, rasanya begitu damai…

 

maksa blajar nye-ketsa

 

Saat Sungai Progo pasang, air yang mengalir me-muara ke Pantai Trisik akan membawa sampah dari kota dan kayu-kayu, kata teman saya dalam bahasa perancis disebut Bois Floté yang artinya kayu hanyut.

Dan di hamparan rumput grinting yang tajam ini dan sebuah Laguna yang segerrrrr, di sana kami bertemu dengan Gajahan Timur Numenius madagascarriensis dalam bahasa Inggris bernama Far Eastern curlew, sayang sekali burung yang mempunyai paruh terpanjang diantara Gajahan lainya yaitu sepanjang sebanding panjang badannya, tidak berhasil terdokumentasikan, mungkin lain kali kami akan bertemu lagi, who knows? someday and somewhere. Insyaalloh..

 

Padang rumput grinting dan Laguna

 

Ah.. Pantai trisik.. Ada nafas surga berhembus di sana. Damai sekali menikmati angin dan terik matahari di sana.

 

Bersama sahabat dan motor tua 800 ku.

Fatimah.

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
This entry was posted in I catch the birds, Perpustakaan Alam, Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to MoBuPI-Ada Nafas Surga di Pantai

Leave a Reply

