Cewek Peduli Cewek

Begitulah berkali-kali saya berkirim-kirima-an pesan facebook dengan teman-teman perempuan saya. “Cewek peduli cewek”, semoga mereka tidak akan bosan menjawab pesan saya. Pesan itu intinya mengajak para perempuan peduli pada para perempuan lain yang nasibnya sedang tidak seberuntung kami sekarang. Mereka yang sedang terkena dampak erupsi Merapi.Alhamdulillah responnya sangat baik, mskipun memang ada beberapa yang tidak merespon, tapi yang merespon lebih banyak, itu sudah sangat memberikan semangat pada saya yang sangat ingin berbuat sesuatu tapi tidak punya banyak hal yang bisa saya berikan, bahkan waktu saja saya cuma punya dikit.

Karena saya sendiri melihat tugas dan tanggung jawab perempuan yang sudah begitu banyak terutama mereka yang sudah berrumah tangga, tanpa menafikkan tanggung jawab pria yang sama banyaknya, dan saya juga melihat 24 jam sehari kami terutama saya, itu sudah punya jadwal-jadwal tertentu yang memang itu tidak bisa, oke bisa, sulit di sulih perankan oleh orang lain. Tidak ada unsur feminisasi atau tendensi apapun dalam pesan-pesan saya. Saya hanya merasa, seandainya ada perempuan lain yang bisa lebih memahami kebutuhan mereka, pasti akan lebih di hati.

Saya ini siapa sih? tabungan minim, kemampuan gak banyak, bahkan waktu pun saya cukup terbatas, saya hanya bisa mengajak teman-teman yang berkendala sangat ragam namun punya semangat yang sama tentang kasih sayang, saling memberi dan menolong. Saya sangat beruntung memiliki teman-teman cantik seperti mereka. Kita memang terbatas di beberapa hal, itu bukan masalah besar, ayuk kita bantu dari rumah aja, karena meski keterbatasan pada waktu n tenaga kita, kita toh punya kelebihan lain, rasa kasih sayang.

Kata Rina, guru tata boga, temen kuliah dulu :
” lha aku bantu apa mey, aku ni lagi hamil besar, gakbisa bantu di barak je
aku :”apa aja Rin, lha wong aku aja cuma beli pembalut bal-bal-an kok sama tisu”
Rina :”wah kalo cuma pembalut aja aku ada ini sisa dagangan, besok bisa ambil gak?”
===============

Munifah, teman di Bionic :”mbak, aku pengen bantu tapi gakpunya apa2, kalo ke atas aku ikut ya”
aku:”aku gakbisa ke atas Mun, tapi kalo kamu mau, bisa bareng temen2 pengamat burung yg lain, mereka jg butuh pendampingan buat anak2 kecil”
============

beda lagi sama Asih, dokter hewan, sahabatku dari surabaya, gara2 liat statusku yg ‘apotek jogja pada pasang sign “MASKER HABIS” ‘dia mesej n tanya gini :
“jeng serius ta iku butuh masker banyak?suplay di jogja piye?aku ada ini kalo masker yg biasa”
aku : “iyo Sih, rata2 apotek di jogja kehabisan stok”
Asih :”yaudah, ntar aku kirim, tapi aku cuma bisa kirim dikit dulu, maklum tanggal segini”waktu itu akhr bulan bgt.
Aku :”gakpapa Sih, makasih bgt”
kamis siang tu kiriman baru nyampe padahal dia ngirim selasa, orang di tiki memang bilang kalo pengiriman ke jogja sedikit terhambat. mungkin karena banyak kendala trutama transportasi,bandara jogja sedang ditutup.
===============

Bu Lena, bu boss ku, padahal dia di swedia, email2an sama aku, minta dicritain kondisi jogja PLUS dia liat foto2 temen2 dia yg di jogja di fb, kok jogja putih semua, i need to know girls, katanya gitu.
Yaudah tak critain kondisi jogja dan dia bilang:
“yes girls, Talbia would donate ….Rp n you know what you need”

aku bilang ke temen kerjaku :
“mbak ini bu lena email kalo toko donate segini, kita disuruh blanja sndiri”
mbak Dwi, temen kerjaku:”lha beli apa ya mey?aku gaktau”
aku :”ini semalem dpt kabar jam 2 meletus gede bgt (pantesan gemuruhnya kedengeran sampe rumahku)butuh tikar banyak soale relokasi barak PLUS buka barak baru, jadi butuh banyak tiker.”

FYI, kalo gak salah sementara ada 7/6 barak sekelas GOR untuk jogja, kalo klaten n magelang aku gak begitu paham.

akhirnya kmaren kami gerilya di antara macetnya kota jogja(lebay)hahahaha
habis di Bantul tu normal2 aja, makanya temenku agak terbengong2 liat kondisi kota yg padat berisi gitu.
Setelah dapat tikar n beberapa dusin clana daleman emak2.n udah di kumpulin ke posko masjid Jogokaryan, deket tempat kerja.
masih ada sisa ntar mau dibeliin pembalut (lagi)
===================

Adiku,ifah, panas ati liat saya mondar mandir bawa pembalut, hahahaha, maklum dia sedang dikejar dead line skripsi, 2 bulan lagi batas DO, tapi honor event blm keluar gara2 dpt EO yang gak bonafit. Akhirnya stlh kemaren cair, dia tambahin, gak banyak, tapi untuk ukuran mahasiswa skripsi yg nyambi freelance, lumayan lah.
“mbak, jadi beli pembalut lagi?nih tak tambahi dikit”
aku :”yoh, oke”
(mbatin)alhamdulillah, kluargaku gak mati rasa.

============

Lain crita mbak Dian, sahabatku dari jakarta, gara-gara lihat berita di TV ada anak kecil belum makan yang tampang dan bodi-bodi-an-nya mirip anaknya, mbak Dian bertekad gakmau bikin status di FB tentang makanan yang enak-enak sebelum merapi mereda dan membaik, dan ini katanya,

“benar,spt aku ibu2 yg g bs ninggalin tugas negara g bs kmn-mn.
tapi jiwa ini kepingin bantu lgsg..jiwa KSR PMI jaman dulu kembali membuncah hehehe

apalg kmrn ketemu sm tmn yg dulu sm2 di ksr skrg kerja jd koord bencana alam di daerang tangsel.(sempet mikir lama, tangsel itu mana ya???)pas blg mo ikut ksn smp mbak-embek (air mt mo keluar)

semalam jam 10,(itu artinya sekitar seminggu yang lalu)aku sms-in tmn2 smp jam 2an alhamdulillah responnya byk.tdk mengikat brp pun krn mrk kan ibu2 yg mnyisikan uang blanja mrk.pagi2 dah fb-an biar lgsg respon sm inbox yg msk.he3x sms pg2 dah byk.

Dan ajaibnya sampai siang tadi masih sempat nelpon saya pas lagi di pasar, katanya lagi beli popok plastik n BRA.

================

Satu lagi ibu hamil yang sangat kuat dari sukabumi ini, mbak Kris namanya.

Sempat tanya gini : “mey, knp sih ngungsinya ga sekalian lgsg 50km gitu, jd pengungsi ga ngungsi lg and ga jatuh byk korban??”

mbak Kris sayang, 50Km itu sudah hampir pantai kalo di jogja, hehehehe, maklum jogja kan mini paradise.

mbak Kris :”siip kudukung aksi pedulimu say, eh disana butuh kain or jarik ga? selain masker yg lg digalang ma dian?”

“alhdmdulillah byk yg nyumbang kain, doain yaa semoga ada yg nyumbang yg lain yg dibutuhkan.”

“hehe siaaaap, ga nyangka, malah ada yg ngasih pakaian bayi jg anak2 segala”

===============

Ada 1 Dian lagi dari Gresik, sedang hamil juga,  seperti yang lain-lain juga yang rasanya mau nangis gakbisa menyentuh langsung anak-anak dan para perempuan lain yang ada di sini.

Dian keliling kota Gresik mengumpulkan masker dari apotek ke apotek yang ada di Gresik. (jangan-jangan sekarang gresik yang pasang sign “out of masker”)hahahahaha

Gak cuma masker, barang lain juga dikumpulkan untuk di boyong untuk pengungsi merapi bersama teman-teman nya dari gresik. Ada beberapa mobil full of charity meluncur untuk pengungsi merapi.

Dian juga sempat pengen nangis waktu chat sama saya pas saya bantu entry data di PRB, apalagi saya cerita kalo koordinator relawannya perempuan,namanya mbak Dyah.

Seandainya gresik itu se-jarak Jogja-Bantul, dia pasti sudah nyetir sepeda motor sendiri kesini.

Dian dalam 1 pesannya:”aku posisi nak grs..gada mobil..nek mmgknkan tak krm nak kncomu,nek ga tak kirim lwt pnyalur nak kene..
Iki ono CD wanita ,handuk,masker ama baju..

(kalo ada yang gak paham bahasanya bisa hubungi saya langsung untuk translate)hahahahaha

===================

Ada mbak Mini, kakak dari sahabatku:”ok siap ngko tak hub anton q ono susu bayi & makan bayi kie”

=========================

Teman-teman di Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ) juga sangat perkasa mengepakkan sayap-sayap mungilnya. Rata-rata mereka masih mahasiswa, ketua PPBJ sendiri itu perempuan, bernama Sitta, bersama teman-temannya yang juga sangat kuat dan cantik sekali menggotong karton-karton dan karung-karung berisi barang bantuan dari berbagai pihak, mereka mengelola semua itu sehingga bantuan tepat sasaran.

Ada “bidadari-bidadari badung” disana, Sitta, Nae, Siwi, Rini, Eka, yang dengan lincah terbang ke sana kemari memanggul karung-karung berisi penuh kasih sayang untuk sesama. Girls..suatu saat nanti kalian pasti akan menitikkan air mata rindu melakukan hal-hal seperti ini.

==============

Rasanya tak cukup waktu mengungkapkan rasa syukur saya memiliki sahabat dan sodari secantik kalian. Kalo lebih lama lagi saya nulis, pasti saya akan nangis, Girls..You are so beautifull..

Dedicated to : Rina, Mun ifah, Bu Lena, mbak Dwik, Asih, mbak Dian Jakarta, mbak Kris, Dian Gresik, mbak Mini, Ifah, Sitta, Siwi, Eka, Rini, Nae, mbak Dyah, dan semua perempuan kuat yang mempunyai kelembutan rasa kasih sayang sesama.

untuk bayi-bayi dalam kandungan Rina, mbak Kris, Dian gresik yang sedang hamil, dalam doaku, kelak kalian lahir membawa berkah sebagai manusia yang penuh kasih sayang, karena sejak dalam kandungan ibu kalian sudah mengajarkan kalian apa itu kasih sayang.

Fatimah.

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
This entry was posted in Annisa, Dapur Umum, Kopi Hitam ku, Taman Bunga, Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Cewek Peduli Cewek

  1. NissaChocolateGirl says:

    ae mb imey ,,

    aku punya wordpress lho ,, hhe🙂

    nisa

Leave a Reply

