Nasi Goreng Jumbo

Beberapa minggu di Jawa Timur, dengan garis jelajah Surabay-Gresik, kadang di Surabaya kadang di Gresik bikin saya harus jeli milih makanan, salah satunya untuk menjaga kesehatan dan menjaga malu.

Malam ini, pertama kali makan malam beli di Gresik, sendirian, tepatnya di rombong nasi goreng depan halte Rumahsakit Ibnu Sina, itu pun setelah tanya tetangga kamar kost, biasanya saya beli dalam perjalanan dari Surabaya menuju Gresik.

Menu kemaren malam nasi ayam penyet dengan porsi nasi 3x porsi makanku :)) ; pasti penjualnya penggemar Mario Teguh karena nasinya “SUPER”. Dan menu malam ini adalah nasi goreng.

begitu datang saya langsung bilang, “Pak, nasi goreng satu dibungkus, telornya di ceplok aja ya”

Pak nasgor ” O..tambah telor ta?”

Sambil alis saya mengkerut saya tanya “Lho emange kalo nasi goreng gak pake telor ya Pak?”

Pak nasgor “Lho iya pake, tapi cuma buat campuran, lek sampeyan tambah telor ya bisa”

Saya nyengir denger jawaban pak nasgor dan menyetujui keterangannya sambil menahan malu.

Dan saya pun duduk di belakang pak nasgor yang sedang memasak sambil mengamati aktifitas pak nasgor. Tiba-tiba pak nasgor mengambil dan membumbui nasi SEBAKUL, ow freak…! saya langsung panik, siapa yang mau makan nasi sebanyak itu??? padahal saya sudah ancang-ancang minta nasi nya separo porsi aja, eh lhadhalah kok malah sebakul dia serve.

Langsung saya tanya lagi “Pak, nasinya memang segitu? gakbisa beli satu porsi aja ta?”

Pak nasgor ketawa kecut sambil ngomong “Lho iya mbak, memang segini nasinya”

Waduh, saya langsung suudzon sama pak nasgor, saya pasti sudah ditipu ini, pantes aja nasi dia lebih habis dari rombong sebelahnya, ternyata segini porsi nya, porsi keluarga. Ow my Lord, help me…

Saya bilang lagi “Pak tapi saya cuma mau beli satu porsi lho Pak”

Pak nasgor (saya yakin dia mbatin, mbake nggambleh) dengan ekspresi muka ‘capedeeeehhh’ bilang “Ancene ngene carae mbak, kene gaktau masak sithik” ato artinya ‘Memang begini caranya di sini mbak, kami nggak pernah masak dalam porsi sedikit’

Ya Robbi salam… saya sudah pasrah saja, saya yakin gak bakal habis makan segini porsi, akhirnya saya pikir kalo nggak habis bisa saya bagi dengan Bu Kost yang lagi nunggu Pak Kost test drive mobil.

Dan inilah malu yang selanjutnya, ternyata pak nasgor menyediakan 3 kertas minyak pembungkus, seketika perut saya kembali lapar dan usus saya kembali ceria, ternyata mereka memasak itu untuk beberapa porsi sekaligus, makanya sekali masak langsung banyak.

Ternyata, cara memasak di Jogja dan di Jawa Timur itu beda, di Jogja, tempat saya biasa makan nasi goreng tu dimasaknya porsi per porsi, kalo di Jawa Timur rupanya dalam satu kali memasak, langsung banyak dan dibagi dalam beberapa porsi. ya Alloh… mungkin terlalu lama saya nggak makan nasi goreng Cak Pi’i di kalisumo Surabaya, jadi saya lupa caranya.

Dalam hati saya berdoa semoga cepat selesai mbungkusnya,saya udah malu banget nih. Untung aja waktu itu lagi sepi pembeli, jadi gak malu-malu banget :))

Saya cengar cengir sendiri pulang sambil mengayuh sepeda onthel pinjeman dari anaknya Bu KostπŸ˜€ dan mbatin, jancuk, isin pak!

Whatta freak cityπŸ˜€

Inilah penerapan pepatah Dimana bumi dipijak disitulah langit dijinjing.

Oh Tuhan..maafkan kebodohanku ini Ya Robb..

πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Tips membeli makanan di sini : Perhatikan dan jangan cerewet!

fatimah, gresik, 30 Mei 2011, 21.20

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
This entry was posted in Dapur Umum, Kopi Hitam ku, Peta Kuliner Gresik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Nasi Goreng Jumbo

  1. Hahahahahaha….

    * Ngakak guling-guling…..

  2. ahppnature says:

    sebakul dibagi tiga i nek aku yo wes warek bngt mbakπŸ˜€

Leave a Reply

