Exploring “Luwing” Si Kaki Seribu

Kaki seribu atau millipede (kelas Diplopoda, sebelumnya juga disebut Chilognatha) adalah artropoda yang memiliki dua pasang kaki per sekmen (kecuali sekmen pertama di belakang kepala, dan sedikit setelahnya yang hanya memiliki satu kaki).

luwing mlintir

Foto : fatimah.
Lokasi : Hutan RPH Panceng, Gresik

Ada informasi yang menyebutkan bahwa si kaki seribu ini mengeluarkan semacam zat yang bisa bikin gatal di kulit.

HADUUUUUUHHHH…

Mengalahkan rasa takut itu memang sungguh luar biasa menguras energi.
Salah satu paranoia saya adalah binatang kecil melata bernama “kaki seribu” atau dalam bahasa jawa disebut “luwing”
O lawd, it makes me raised my hair up high, merinding tiap liat makhluk yang seharusnya imut dan lucu itu.
Tapi selucu apapun dia, tetap aja kaki nya seribu, kalo balapan lari, saya mungkin bisa kalah, karena sibuk merinding :))

Satu cerita dari kost baru saya di Gresik ini.
Gresik, daerah pesisir pantai utara Jawa, banyak daerah ber-air, ber-rawa, yang lembab dan berdampingan dengan bukit kapur yang membuat Gresik kaya dengan produksi semennya.
Entah ada pengaruhnya ato nggak, tapi saya menuduh daerah lembab itu menjadi hunian nyaman bagi “luwing”, tapi panasnya bukit kapur yang setiap hari dikikis dan diangkut dengan kendaraan berat yang kalo di jalan kita berpapasan seolah kita masuk dalam filmtransformer :p membuat hawa pesisir ini semakin HOT saja, mungkin membuat mereka gerah dan akhirnya pengen nebeng ngadem di kamar kost saya :((
Ya Alloh ya Robbi Ya Karim… Bermalam-malam saya insomnia sekaligus paranoid karena terbayang makhluk-makhluk kecil imut dan tidak jahat itu masuk ke kamar saya. Mungkin mereka tidak jahat, tidak menggigit dan mungkin juga tidak beracun, tapi melihat mereka melingkar ketika tersentuh benda asing, itu membuat saya semakin merinding seperti paha ayam habis dicabutin bulunya, Masyaalloh… serem banget.
Mereka nggak cuma masuk kamar, mereka kadang ada di tembok, di dinding kamar mandi berjalan-jalan selagi kondisi saya penuh dengan sabun; otomatis saya nggakbisa lari keluar kamar mandi dong; bikin mandi nggak tenang aja; kalo sampe ada sabun menempel di kuping saya gara-gara saya mandi nggak bersih, salahkan luwing..!!!
Beberapa hari yang lalu, seolah mereka menyadari kegelisahan saya akan keberadaan mereka, sehingga mereka menggoda saya dengan genitnya.
Ketika Saya masuk kamar mandi, menaruh alat-alat mandi saya di bibir bak mandi, menggantung handuk dan baju bersih di gantungan sebelah kanan dan mulai melepas baju kotor saya dan mau nggantungin di gantungan sebelah kiri dan tiba-tiba, TARAAAAAAA…. Tuan ato Nyonya luwing sedang melenggang santai persis di sebelah gantungan baju itu..!
Kaga pake nunggu satu tarikan nafas, saya langsung putar badan, nggak jadi nggantung baju di sana.
Acara mandi pun saya percepat sesegera mungkin saya pengen cepet keluar kamar mandi. Namun apa yang terjadi sodara sodari???
Begitu selesai berganti baju bersih dan mem-packing semua alat mandi saya, mendekati pintu dan, JENG JEEEEEENGGGGG,,,, di kunci slot pintu kamar mandi rupanya dia sedang meliuk-liuk begitu sexy nya sampe beberapa saat saya terbengong-bengong merinding menunggu di genit itu melepaskan kunci dan mengijinkan saya keluar dari kamar mandi. Ketika membuka slot kunci pun saya pake gagang gayung, padahal saya tau mereka nggak lagi ngumpet di sudut tersembunyi dari slot itu, but it was so creepy so i gotta run out of that square room :((

Begitu tidak nyamannya saya sampe saya akhirnya memutuskan untuk pindah kost this week end, padahal belum genap satu bulan saya kost di sini, tapi dari pada saya nggak bisa tidur nyenyak tiap malam, pilihan tetap harus dilakukan.

“Elu ape gua nyang pegi?!”

That’s what im thinkin’ of now.

Mana setelah saya survey ke anak-anak kost yang lain ternyata mereka nggak pernah nemuin luwing (ato mereka sebenernya cuma belum ngeh aja kali yak???)

Huuuuu…. benar-benar mengeripun deh dong wekkkk…

Setelah saya searching di internet, ternyata ada juga orang yang bermasalah dengan kaki seribu, dan saya menyuplik tips dari blog December Girl berikut ini:

CARA Mengatasinya : (si kaki seribu)
1. Kurangi kelembaban dalam rumah anda. dengan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam. ( bila memungkinkan )
2. Saat mengepel lantai gunakan karbol wangi untuk lantai, bahan ini tidak disukai oleh kaki seribu, sehingga dia akan mencari tempat lain untuk hidupnya, (tidak membunuh kaki seribu)
3. Sumber kaki seribu biasanya adalah pekarangan yang banyak tanaman, kolam, sawah, atau tanah kosong yang tidak terawat.

(pantesan aja…soalnya ternyata belakang kamar saya adalah kebun dan ternyata ada kandang ayam persis di bawah jendela kamar saya, KEJAM..!!!)
Cari sumber adanya kaki seribu ini, kemudian sekeliling sumber ini beri / kelilingi dengan ijuk. bahan ini akan menghambat kaki seribu.
4. Kalo ternyata semua cara “ramah” diatas tidak dapat mengatasi. maka baru pakai bahan kimia aman yang di semprotkan di rumah. Yaitu semprotkan BIOVECTROL ™ yang mengandung bahan dasar ETOFENPROX (CHO) yang dapat menyerang system organ dalam tubuh hama

Ya Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, lindungilah aku dari luwing dan rasa takutku ini… Amin…

 

Foto oleh : fatimah. Lokasi : Hutan RPH Panceng, Gresik - Petak Jati

Foto oleh : fatimah.
Lokasi : Hutan RPH Panceng, Gresik – Petak Jati

 

Salam dari Gresik.
fatimah, gresik, 2 Juni 2011, 22.41

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
Gallery | This entry was posted in Belajar nge-blog, Kopi Hitam ku, NgePet, Perpustakaan Alam, Tips and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

71 Responses to Exploring “Luwing” Si Kaki Seribu

  1. Haghaghaghaghag….
    Maknyusssss…..
    Lebih mengeripun cacing kali mbak….
    Kleler-kleler…
    Hiiiyyyyyyyyyyyy
    Hihihihi…

    Sakne luwinge…
    sesama imut pun dg mbak Imey..
    eh mah Dijauhi…
    Huhuhu

  2. zulfikar abdoellah says:

    pean ki wes PNS tha? PNS ga oleh wedi mbe luwing mba’…hahaha

  3. okadwip says:

    mbok nulis tentang luwing dari sisi ilmiah e. trus di upload di fobi. mudah2an setelah itu banyak yang mendoakan hilangnya ketakutanmu akan luwing. sebab telah bagi2 ilmu.

  4. Surya says:

    Dimana kita bisa dapatkan biovectoral? Apa zat ini terkandung dalam obat serangga seperti baygon atau Hit?

    • Ferdinand says:

      iya… ikut numpang nanya biovectoral.. dijual bebas kah..? atau ada bahan kimia lain yang dijual bebas..? kayaknya lagi musim kawin nih di tempat saya,,, dua bulan sebelumnya masih aman, eh sekarang udah rame aja ngintipin saya mandi…. :))

      • imexplore says:

        nhaaa itu dia, saya juga ndak tau, wong saya itu cuma baca di internet trus ngambil info yg menurut saya bisa bermanfaat je.

        tapi mungkin ada di toko bahan kimia ato di koprasi pertanian, soale kedengarannya “biovectoral” iu kayak semacam pembasmi hama dan sebangsanya deh,hehehe

  5. ami says:

    cara ngatasi yang lain adalah luwingnya dikasih minyak angin cap lang atau cap dragon, pasti tok cer, masalahnya masak kita suruh nungguin luwing lewat setiap saat…? tempatku juga begitu setiap waktu berdatangan tanpa memandang kamar mandi tempat tidur dan yang belum meja makan karena di kaki meja makan aku kasih potongan botol aqua yang dikasih oli bekas, jadi mereka nggak mau naik meja makan. coba kalo mereka bisa ngakses jalan ke meja makan … ee makannya berlauk luwing….. merinnnnndingggg…!!! apalagi ni masuk musin hujan.. solusi terakhir tanah di sekitar rumah akan saya taburi kapur kayaknya dapat teratasi deh…mkasih mbak imex atas pencerahan mengatasi … luwing….

    • imexplore says:

      wah ide bagus tu Ami, taroh potongan botol di dasar setiap kaki meja, trus dikasih oli bekas
      (kalo oli nya baru boleh gk? hehehehe)
      kayaknya iu selain bisa menangkal luwing bisa juga semut dan serangga lainya tuh..
      dan saya sepenuhnya akan memilih cara itu dari pada harus ngoles minyak nyong nyong ke body si luwing >.< ampuuuuuunnn merindinngggggg…

  6. marsya says:

    Mas bro.. Sumvah.. Kisah mu sm persis kyk ak.. Bgtu jennnggg jennnnggg luwing tiba2 d tmpt tdr kuh .. Ga abiz pikir jg, dg santai nya mreka nebeng ngadem d kmr ak.. Tau gt mreka ak mntain duit buat byr kos .. HahA sialan tu luwing , idup nyab nebeng sana sini.. Hadehh

    • imexplore says:

      it’s a MBAK anyway, Marsya :p
      n sampe skrg aku masih geli sangat sangat geli sama luwing itu, n ini masuk musim ujan, kyaaaaaaaaa sering2 cek bodi kalo udah habis nglewatis rumput basah, hahaha

  7. abdakadabra says:

    Baca kisah mbak-nya membuat saya lebih tenang. Ternyata yang ngalamin masalah dengan si geliat luwing nggak cuma aku. Wah, bisa-bisa bakal ada klub luwing merinding nih. Tapi beneran deh mbak, emang hewan mengeliat-mengeliat begitu bikin rese dalam hidup kita. Masalahnya mereka nggak evaluasi diri kalo udah ganggu hidup orang, Jdinya ya… dengan gaya catwalk-nya mereka selalu petentang-petenteng jalan-jalan di rumah kita. Klo aku selalu gue pites (tumbuk) kepalanya. jadi langsung mati. daripada mereka beranak, trus jadi besar, bikin stess hidup, malah nggak bisa belajar dan bekerja dengan tenang. tapi sekali lagi, jgn dititru cara saya. mengingat saya phobia parah dengan jenis hewan mengeliat, jadi tentu beda kebutuhannya dengan kalian semua. lebih aman jika tempat2 lembab di rumah di buat wangi biar dibenci luwing. seperti mengepel dengan karbol, rajin membersihkan kamar mandi dan memoles kayu-kayu lembab di rumah dengan oli bekas biar gak mengundang makhluk sexy seperti mereka.

    • imexplore says:

      hehehe jangan di pites dong Abdakadabra…
      kasian..wong sama2 nyari idup kok :p
      Kalo saya ya paling teriak2 panggil orang buat nyapu dia kluar rumah, ato kl di rumah lg sendirian paling langsung ngibrit ambil sendal n sapu, seret “si dia” kluar rumah. tapi habisannya merinding berjam-jam hahahaha..

      Itu kl di rumah, MASALAHNYA…saya kan suka kegiatan di alam, kadang ke hutan/tambak/kebun raya, nah disana luwing nya bisa seukuran pop ice, wkwkwkwk sampe pulang masih merinding…

      hadehhh ide bikin klub Luwing Merinding itu kayaknya lucu juga, hehehe

  8. Elena says:

    OMG….. sebesar pop ice mbak? sebesar pensil aja dah merinding aku, nyapu sambil merem, ya ngintip dikit, takutnya dia kabur malah ke kakiku pula nanti hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiyyyy……………😥

    • imexplore says:

      ya begini ini resiko tinggal di kota yang banyak lahan basah (tambak, rawa, danau, sungai)nya Elena. Luwing mulai ukurang mini (seukuran diameter kaleb mouse) sampe yang jumbo (seukuran sedotan pop ice) ada, tinggal request yg ukuran berapa, hehehe..
      hadehhhh merinding lagi lho saya ini padahal cuman nulis (plus) ngebayangi luwing yg jumbo itu hwaaaaaaa😥

  9. indah says:

    klo aku kasih garam didepan pintu ama klo si luwingnya jalan2 masuk, ku taburin garam ke badannya ajahhh.. kasihan ciii tp lebih besar rasa gelinya brrrrrrrrr….

    • imexplore says:

      mbak indah, kalo ditabur garam di pintu nanti kalo lantainya di pel, garamnya kehapus dong..
      sementara selama musim panas gini cukup aman di rumah, paling muncul seekor gitu n gak sampe masih ke dlm rumah, paling di dkt saluran buang aja.
      Tapi,,,,ntar musim basah/hujan…pokoknya aku mau minta suamiku tutup semua saluran air buang pake kawat strimin yg rapet,, syereeemmmm >.<

  10. Podo mbak broo, saya juga parno bgt sama yg namanya ‘luwing’,
    tapi anehnya karena saya parno itulah malah sering ditemuin hewan menjijikkan itu, gk di kamar, kamar mandi maupun tempat2 lainnya.
    tmen2 kos saya yg gk takut begituan malah gk pernah di temuin #frustated -_-

  11. asty says:

    Di rumah saya banyak tuh, pake merayap2 di badan kalo saya lagi tidur…parno banget jadinya… Belum lagi kalo di kamar mandi, tau2 sdh ada di pergelangan kaki, ga brasa kapan dia naiknya…hufhhhh…
    Saya tinggal di perumahan yang tempatnya masih ada semak2nya dan di antara kebun-kebun warga sekitar… jadi rumah saya adem banget walau musim kemarau.

  12. dewi says:

    yah,postnya uda lama yah…
    saya malah sedang tertarik untuk memelihara luwing…sayangnya selama ini aku cari dapatnya luwing kecil…😦
    saya berharap sekali mendapat luwing yang besar untuk dipelihara dalam rumah…😀
    salam🙂

    • imexplore says:

      selain ini postingan lama, maaf juga ini balesnya juga lama😀
      kalo mau luwing yg besar cari nya di hutan, jangan di area perumahan..
      pengalaman saya, ketemu luwing yg ukurannya segede sedotan pop ice itu di hutan terutama saat musim hujan (rumput lantai hutan basah)..

      Slamat berburu😉

  13. ruda says:

    kok samaa yaa….aku baru pindahan ke gresik,nahh di kontrakan.perumahan belakang kantor kabupaten gresik (bunder)..banyaak banget kluwing nya.kcil2 sih..tpi banyak :(…..ada yg di tembok, smpe kadang ikut nonton tv.merayap di kaki…………
    salam kenal, warga baru gresik….:)

    • imexplore says:

      Salam kenal juga Ruda🙂
      memang daerah bunder itu kayaknya salah satu kerajaannya luwing kok..
      Dulu aku pernah kost di Graha Bunder Asri, n they are soooo everywhere..
      yg sabar yaa warga baru😀 ntar lama2 juga terbiasa, tapi meskipun udah terbiasa, kalo saya masih tetep aja merinding n kaget kl tiba2 ketemu luwing😀

  14. rosita says:

    hahaha…klub merinding luwing.lucu juga namanya, mbak.kalau di rumah q di semarang, ga pernah nemu luwing yg kecil, ukurannya paling kecil ya sebesar sedotan pop ice.lebih besar lebih sering nemu. saking seringnya nemu luwing smp bingung. ni luwing udah disapu, dibuang qo ya masih ada aja. emang sih di rumahku lahannya luas buat kebun.jd mungkin sj ada perumahan luwing di kebun. aq pribadi sih ga smp sebegitu takutnya pd luwing.tp takut kenapa2 krn punya anak kecil di rumah.anakku yg kecil pernah ga sengaja nginjak luwing smp loncat2 teriak ketakutan.

    • imexplore says:

      waaaaaaaakkkk…glodak glodak glodak, paling kecil ukuran sedotan pop es ???
      bisa pingsan mrinding, kalo saya pasti udah minta pindah rumah, hahaha
      dulu pindah kos 2x krn alasan yg sama yaitu LUWING !!!!

  15. widi says:

    ikutan y mbk,ak wong njowo tinggl di bkasi,smlm ak ga bs tdr hbs d grayangi mkhluk kcl it,tiba2 merayp d kuping,untg krasa jd lsg tak sampluk,hbs gt ak kesel bgt knp ak yg d grayangi,ak mikr ap mhluk it bls dndam?biasany ak kl ktmu mhluk it lsg tak gejek,dgn alasn mengurangi populasi agr tdk merajalela,soreny ak ktmu ga ku matiin tp tak kash grm,nah kbur tu ak ga tau,mlmny ak mimpi hbis kutaburi garm makhluk it bisa terbang kyk kupu2 puth gt,eh… stlah it ad mengrayg2 d kuping pegelll ak jdnya

    • imexplore says:

      WHAT ??!!!!
      digerayangi sampai kuping ???
      ow my god….sampe mrinding saya bacanya, njegideg langsung.
      yg saya heran, meski rumah udah di pel bersih tetep aja mreka itu ada lho, gktau lewat mana masuk rumah.

      Kalo skrg (semoga seterusnya manjur) semua lubang rumah seperti pintu dan jendela apalagi yg akses ke kamar, saya kapurin pake kapur semut gitu, alhamdulillah mujarab dan semoga bakal aman seterusnya…

  16. Ajib Ahmad says:

    dulu waktu kecil klo maen bola di kebun sering liat, temenku yang laen ga takut gw aja yang takut ma tu makluk,tapi sekarang dah jarang liat,klo pulang kampung di kebon2,sawah masih ada

    • imexplore says:

      kalo di sawah sama kebon mah wajar mas, tapi yg bikin mrinding tu kalo udah masuk rumah, geli nya kayak di glitikin kemoceng bulu ayam di kuping..wkwkwkwk

  17. diki says:

    Ampuuuunnn mlm ini yg ketiga kalinya ya.. 2 kali pernah merayap dikaki ini barusan merayap lewat bantal hampir ke muka, cz aku tidurnya dibawah…Allahu Akbar lindungi tidur hambamu

  18. Hairil Yakin says:

    kalo di Banjarmasin namanya ulat mandan, sudah 9 bulan aku pindah ke rumah baru, baru2 ini juga di serang luwing, bagi aku nggak ada imut2nya si luwing, saat tidur pernah si luwing sampai nempel di samping mulut….ngeriiiiii banget, dari malam tadi sampai pagi ini sudah ada lebih dari 20 luwing di dalam rumah, ku sekap ku masukan ke dalam botol, ha222… bingung cara mengatasinya, tapi tips dari teman2 disini sangat membantu, thanks a lot …

  19. omg luwingnya besar bgt dan menjijikan

  20. ratri fahmia dayani says:

    saya lagi training di salah satu perusahaan migas di kaltim, site nya di rawa2 ditengah sungai gitu. masya allah, sgala jenis hewan melata (saya phobia sekali) dari ular smpe LUWING ada disini. disepanjang jalan setapak kt bs nemuin luwing yg masih menggeliat2 sexy sampe yang udah almarhum ke lindes sepatu safety ada. apalg kalo pagi yg udaranya masih sejuk2nya, udah deh ratusan ada kali mreka nongkrong di sepanjang jalan itu. sampe kamar dan kamar mandi juga. untungnya jangan smpe mreka naik ke tempat tidur. nah kan kamar sy yg bersihin OB ya, kan gbs request harus pake pembersih lantai yg wangi, kalo saya pake pewangi ruangan aja ampuh gak ya? mohon pencerahannya🙂 terimakasih

    • imexplore says:

      beuhhhh itu…rawa-rawa…kerajaan mreka banget tuh..
      kayaknya kalo pengharum ruangan aja gak mempan deh ya (CMIIW)
      tapi semoga karbol mang OB nya cukup ampuh buat bikin si sexy pool dancer luwing ini untuk gak ikut nebeng kamar ya🙂

      trus coba semua lubang ruangan di kapur semut, insyaalloh sampe skrg lumayan membantu di rumah saya🙂

  21. linny chandra says:

    Ini saya juga baru pindah kost baru semgg uda dapet tiga luwingnya … bingung ntah gimana ngatasinnya .. dari tadi merinding trus uda ber jam jam

  22. Icha says:

    waaah artikel yg bagus. saya juga punya pengalaman yg sama, saya baru pindah ke perumahan yg bisa di bilang masih banyak rumah yg kosong dan rumput liar.3 minggu ditempatin baru kmren ngrasain seremnya di kunjungi 2 luing bsar dan kecil di dapu, gak ngrti mo usir pake apa cz suami lagi tdr jadi saya semprotin aja pke hitz ungu, memang gak lgsg mati tapii pke proses lama dan berulang kalii dlu dan luing yg kcil tau2 ada direndeman cucian saya.
    :(untuuung ketemu artikel ini. trims atas artikelnya mbak dan salam kenal .:)

    • imexplore says:

      alhamdulillah kalo postingan ini bermanfaat.
      Trimakasih Icha sudah mampir baca di blog ini, salam kenal😉
      Semoga tambah akrab sama para luwing, jd gak takut lagi, kan tak kenal maka tak sayang, katanya, hehehehe

  23. Pingback: Musim Kaki Seribu | Loose-leaf Pages

  24. dewi says:

    Aku udah nyoba pake karbol..ga ampuhh tuhh..padahal udah bela2in semua rumah dirombak untk melakukan pembersihan..ehh malem nya udah muncul lagi…ihhhh…

  25. Dewi Natalia says:

    Ini adalah salah satu hewan yang menurut saya imut…jalannya lambat,antenanya pendek…ihh gemesinn…dan saya jadikan hewan ini sebagai binatang peliharaan saya dirumah dan saya rawat dengan baik🙂 .lucu ,hehe

    • imexplore says:

      dijadiin piaraan ???
      gimana ngrawatnya mbak dewi natalia ?
      dikasih makan apa ??

      dulu, menurut saya, hewan ini biasa aja, hingga suatu hari saat saya membantu proyek penelitian teman saya dan menemukan mereka ada dimana2, sejak itu menurut saya hewan ini udah nggak biasa lagi…

  26. Imut sih .. tapi rela masuk kamar ? hahaha

  27. Rifa A.A says:

    mbaaaak, sama! hari ini aku mulai tinggal di Gresik, tepatnya di perumahan GKB. Ya Allah…luwingnya ga tanggung2 seneng nampang. Awalnya di kamar mandi. Aku kira mereka suka di tempat2 basah aja. Eh ga taunya pagi ini aku nemu luwing di depan kamar.. wuiiihh seyeeem bo’..gimana kalo tiba2 naik ke dipan -_-“

    • imexplore says:

      GKB mana mbak Rifa?
      Saya jg GKB.hehehe jl.pati 1.

      Kata si luwing ” wah…anak baru nih..ajak kenalan ahhhh” wkwkwkwk

      Fyi, luwing di gresik ini gak kenal musim mbak.jd pinter2an kita nya aja nge-trik biar gak ketambahan “anak kost”😉

  28. Permisi mau nimbrung…. kira2 ada yg jual gak binatang itu?… saya mau beli…..

  29. cemet says:

    Ya Tuhan.. begitu baca dan terlihat gambarnya, hp langsung sy lempar, langsung jijik.. hi.. ini binatang yg paling ane takuti.

  30. Kembara Restu Alam says:

    Amin ya Allah ya Rabbal alamin

  31. senja says:

    Ya allah,, udah 1 bulan ini kena teror luwing juga di home..dibelakang rumah memang ada karangan kosong banyak semak2nya sih.. mungkin mereka stay disana..
    Pernah juga kayak kalian2 pas lagi enak tidur, ehh tiba2 nemplok di tangan aja itu luwing..aarrggg😭😭😭 bikin desperato.. ga bisa tidur lagi..
    Trauma..😧😧takut tiba2 datang lagi..
    Udah coba pake karbol.. kayaknya ga mempan..
    Kayaknya harus pakai cara kejam..obat pembasmi hama..

    • imexplore says:

      yang sabar ya @Senja…
      alhamdulillah saya skrg jd dipaksa terbiasa jaga kebersihan rumah.
      meskipun mreka masih aja cuek merayap2 di area cuci. tp lumayan udah nggak sebanyak dulu.

  32. ayu says:

    Emang dasar bego tu binatang,,, gak ada akalnya tiap malam kerjaannya sllu nebeng tidur , pas bangun2 eh menclok d rambut sma meraayap d punggung apa gk trauma langsung…. Smpe 3 bln gk bsa tdur mlm gra2 luing…. Apa pembasmi jitunya ya teman2 …
    Salam ….. Kalimantan Selatan

  33. Daerah jogja yg punya atau banyak luwing info dong,sedang mencari beberapa ekor untuk obat ,mohon infonya daerah JOGJA aja ya ehehe bbm lgsung aja 54aa7667

    • imexplore says:

      wah..bisa buat obat ya ternyata mas? untuk obat apa?
      seingat saya yg banyak tu di area persawahan kl musim hujan, jd pd saat tanah lembab dan rumput basah gitu.
      dulu yg serig ketemu di area persawahan dekat pantai trisik.

  34. Jo says:

    Luwing ini mengeluarkan cairan yang bisa membakar kulit dan ini terjadi semalam, di bawah mata😦 cairannya seperti bau obat sakit gigi kakak tua.. sekarang berbekas hitam😦

    • imexplore says:

      what ????!!!
      dibawah mata???!!!
      ow mai god..serem amatt >.<
      saya baru tau kl cairan dr tubuh luwing ini bisa bikin smp kulit terbakar..
      yaatuhan… bikin makin merindingggg

Leave a Reply

