Siklus Haid yang tidak teratur atau oligomenorrhea.

Oligomenorrhea adalah menstruasi atau biasa disebut haid yang tidak dapat diprediksi datangnya.

Perlu diketahui, jangan pernah menganggap jika haid tidak teratur berarti tidak ada masalah. Itu merupakan pertanda awal dari penyakit kronis, mulai dari kanker, jantung dan bahkan dapat mengakibatkan mandul. Setiap perempuan mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda dan relatif. Namun, normalnya menstruasi teratur setiap bulannya.
(Tapi bukan berarti haid yang tidak teratur itu menandakan bahwa kita sedang menderita penyakit seram begitu lho, karena datangnya haid itu juga dipengaruhi oleh hormon, pola makan dan juga hal yang kadang gak rasional menurut para lelaki, kondisi emosi kita, and I really really didn’t understand why it goes like that. It’s a kinda early warning😀 ).

Menurut American Society for Reproductive Medicine, standar siklus menstruasi yang normal adalah 22-40 hari, dimana menstruasi pertama dihitung sejak pertama kali darah keluar dari vagina. Namun perbedaan -/+ 5 hari dari siklus haid, masih dianggap normal. Tapi jika perempuan sudah tidak mendapatkan haid teratur tiap bulan, maka patut diwaspadai penyakit Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK), dan sebaiknya dilakukan penanganan.
(Kan ada peribahasa kita tuh : sedia payung sebelum hujan, jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati).

 

 

Sumber tulisan : ( An – 12 ) solusi wanita mencegah kanker rahim & masalah saat haid asuhan Dessy An

 

Semoga bermanfaat.

fatimah :)

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
This entry was posted in Annisa, Perpustakaan Alam, Tips and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Siklus Haid yang tidak teratur atau oligomenorrhea.

  1. Pingback: Kesehatan Reproduksi Wanita « Imexplore's Blog

  2. mirha says:

    aku kadang seperti itu,, menstruasi ku tidak lncar kadang 1-2 bulan jrg datang bagai mana solusinya agar menstruasi saya ttp lancar setiap bulan mkasih🙂

    • lely says:

      kalau 1-2 bulan sih nggak terlalu lama mbak..
      lha daripada saya, selama SMA setahun cuma dua kali mens (kayak KRS’an gitu deh..)

      berlanjut sampai kuliah, sekarang akhir smester 7 (Tp kalau masa2 kuliah, rentangannya 1-3 bulan sih).

      Akhir 2010 pernah periksa k dokter kandungan (bener saran mb imey, mending di RS pemerintah saja. Dit4ku periksa 150rb, hehe). Pas d USG hasilnya kosong gak ada isinya d rahim =)) .
      kata dokternya nggak apa apa, dijelasin bahwa haid nggak teratur karena ketidakseimbangan hormon gitu.. Mungkin karena saya wanita berkumis tipis, hehe.
      Bu dokter jg nanya k saya : “Mbaknya punya saudara yg haidnya nggak teratur, tp punya anak nggak?” . Kebetulan aku tau saudaraku juga seperti itu, jadi aku jawab “Iya”
      Kata beliau juga, dr genetis jg bisa mbak. Jadi nggak usah khawatir tidak punya keturunan kelak, Wanita normal itu yg penting 3 : tumbuh payudara, berambut d bagian kemaluan, dn pernah mens.
      Putri Rosulullah (Fatimah) saja, katanya nggak pernah mengeluarkan darah mens, selain darah paska melahirkan. Ohya, kata ibuku juga, tetangga di Jember pun juga dikabarkan nggak pernah mens. Punya putra 7 orang. Hehehe

      tapi tetep cek ricek kondisi badan secara teratur diperlukan. mencegah lebih baik daripada mengobati..

      itu ceritaku, ^^

  3. imexplore says:

    mirha :

    aku kadang seperti itu,, menstruasi ku tidak lncar kadang 1-2 bulan jrg datang bagai mana solusinya agar menstruasi saya ttp lancar setiap bulan mkasih :)

    Mbak Mirha, kalo saran saya (karena saya bukan ahli medis),

    Yang UTAMA, jangan berprasangka buruk dulu (parno’) karena kan Tuhan itu mengikuti prasangka hambaNya, jadi sebisa mungkin kita positif thinking pada Tuhan yang slalu memberikan kesehatan pada kita🙂

    Untuk lebih tenangnya, coba periksa ke dokter kandungan, nanti kan diperiksa tuh.., di-diagnosa ato di USG ato dikasih rujukan untuk tes ke laboratorium, tergantung diagnosa nya seperti apa. jadi kita bisa tau baiknya gimana menyikapi badan kita.
    nggak perlu malu dateng ke dokter kandungan, nggak semua cewek yg konsultasi ke dokter kandungan itu ber-kondisi hamil kok🙂 saya (bujang) pernah periksa ke dokter kandungan untuk USG karena nyeri di daerah perut bagian bawah, nyeri nya tu kadang keterlaluan sampe bikin saya ketakutan gitu, setelah saya periksa ke dokter kandungan yg kebetulan praktek di lab.klinis, kata bu dokter gini;

    bu dokter : “nggakpapa..kondisi rahimnya bagus dan sehat sekali kok, ini cuma infeksi saluran kencing”
    saya(panik) : “hah???cuma??? infeksi kok cuma sih Bu?”
    bu dokter : “makanya, kalo kerja itu jangan keasikan sampe lupa minum”

    Kemudian bu dokter memberi beberapa pertanyaan dan nasehat yang bisa bikin saya lebih tenang dan tau diri kalo istilah saya; dalam menyikapi badan saya.
    (itu pengalaman saya)

    Truuuussss…jangan lupa konsumsi makanan sehat dan olah raga dan pola hidup sehat, ngaku nggak ngaku, 3 hal itu cukup mempengaruhi kondisi hormon kita;
    pertama, makanan secara nyata ikut menyumbang asupan gizi yang akan mempengaruhi beberapa hormon yang berhubungan dengan kesehatan organ reproduksi cewek.
    kedua, olahraga secara tidak langsung membantu kita melepaskan ketegangan syaraf dan stress kita, entah stress apapun itu; bisa beban kerja, mikir negara sampe mikir harga beras dan pertamax yang gak turun2 juga,😀😀😀
    ketiga pola hidup sehat, karena akan nggak maximal juga kalo kita udah mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna dan senam tiap jum’at pagi dan joging tiap minggu pagi, tapi kita tidur jam 3 pagi tiiap hari dan bangun jam 5 pagi😀

    Banyak baca tentang kesehatan reproduksi wanita, banyak sharing pengalaman, kayak skarang gini, banyak doa, apalagi banyak duit😀 akan membantu kita untuk lebih happy menjalani hidup kita dengan sehat dan cantik🙂

    hehehe.. jawabannya muter2 yak?!
    pokoknya ya bgitu deh,semoga mbak Mirha slalu sehat🙂

    btw, USG tu ternyata nggak mahal kok, apalagi kalo mau sabar dikit ngantri di RS pemerintah, waktu itu saya di lab. swasta aja cuma 50rb untuk 1x USG pllus konsultasi nya.

  4. anny says:

    cara atasi oligomenorrhea gmn. . ??

    • imexplore says:

      nha itu dia, lebih baik konsultasi ke dokter yg lebih tau, saya cuma bisa kasih saran:
      jaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita baik-baik🙂
      itu aset dari Yang Maha Kuasa🙂

Leave a Reply

