Telaga Ngipik, Oase di tengah panasnya kota Gresik

Gresik, 27 Juli 2011

Waktu liat booklet potensi wisata kota Gresik di kantor, saya pikir tempat ini berada jauh dari kota, yaaaahh… kira-kira di tengah hutan atopinggiran pesisir sana, ternyata hampir setiap hari saya melewati Telaga Ngipik dalam perjalanan berangkat dan pulang kerja.heheeee…

Setelah berhari-hari membulatkan tekad dan niat akhirnya sore ini aku berani sendirian masuk kawasan ini. minggu lalu baru ngelilingi pinggirannya doang :p

Telaga Ngipik terletak di tengah kawasan industri pupuk Petro Gresik. Salah satu bird watching site di Gresik. Bukannya saya nggak mendukung pariwisata daerah, tapi tadi saya nyampe tu udah jam 4 lebih jadi kalo lewat TPR takut terkunci dan malah nggakbisa keluar lagi, karena saya belum tau jam buka nya. Jadi saya memutuskan untuk lewat pintu samping. Well..not bad, ada hutan kecil, okey ini memang lebih mirip kebon kecil, dan di situ sering dimanfaatkan warga untuk memancing.

Di Telaga Ngipik ini digunakan sebagai tempat latihan para atlet ski air,wow..nggak semua daerah punya aku pikir.

Setelah sedikit nanya-nanya ke ibu warung depan pintu samping, saya masuk membawa serta sepeda motor saya yang khusus saya datangkan dari Jogja :p , clingak clinguk sebentar orientasi medan, saya pun memutuskan untukmengambil jalur ke kiri dulu untuk sore ini karena di sebelah kiri lebih banyak vegetasi nya, seperti pohon talok (kersen), beberapa jenis fikus yang saya nggak tau jenis pastinya, pohon waru, pohon jambu dan sebangsanya, dan tentu saja semak. Di pinggiran telaga terdapat tumbuhan enceng gondok yang sore tadi banyak dihinggapi capung berwarna oranye.

Dan kira-kira 1 (satu) jam saya di sini , saya baru bisa mengidentifikasi sedikit jenis burung, antara lain :

1. Cabai Jawa

2. Bambangan Kuning

3. Cekakak Sungai

4. Burung Madu Sriganti

5. Walet Linci

6. Blekok sawah, dalam penampakan bulu breeding

7. Layang-layang api

8. Cucak Kutilang. Spesies ini cukup melimpah di Gresik, dan salah satu dari 6 jenis yang sudah teramati di sekitar kantor saya.

9. Prenjak Sp. Saya nggak pasti antara Prenjak rawa ato Prenjak padi, karena cahaya sunset yang menipu pandangan saya. Dan saya nggakbisa liat jelas area kepala (alis, mata, kekang)

10. Raja Udang Biru, cantik sekali….

11. KuntulKerbau

12. Bambangan hitam. Awalnya saya kira Kokokan Laut, tapi ini warnanya benar-benar hitam, bukan coklat gelap, dan ada sedikit warna kuning di samping bawah tubuhnya,hanya sedikit terlihat pada waktu dia bertengger sesaat sebelum dia terbang. Dan tentu saja setelah saya tanya-tanya ke temen-temen info tentang Bambangan hitam ini.

This is new record of mine, nggak nyangka masih bisa nambah list, tapi sayangnya saya nggak pernah peduli dengan list :p

13.Dara Laut Kecil; Yang ini masih harus saya cek ulang.

Saya ketemu si misterius ini 3x. 2 pertemuan sebelumnya tanpa bino, pertama di area ladang garam waktu perjalanan dari Gresik ke Surabaya. Yang ke-2 di area tambak Wonorejo Surabaya. Dan yang ketiga sore ini di Telaga Ngipik, Gresik.

Bego nya tadi begitu dia terbang cukup dekat, saya malah asik terpesona dengan telanjang mata tanpa menghiraukan binokuler di kalungan saya, alhasil saya cuma bisa garuk-garuk perut lapar yang menunggu adzan maghrib. Rupanya perut lapar cukup mempengaruhi reflek😦

Sayangnya kamera poket kebanggaan saya sedang rusak😦 Si misterius ini punya cirin yang hampir sama dengan Dara Laut Kecil; ukuran sedang, warna putih semu ubu-ubu kebiruan, bersih rata tanpa pola blirik (bercak), ada topi hitam, pola terbang khas dara laut dan perilaku menabrakkan diri ke air yang ternyata tidak dilakukan oleh semua jenis dara laut. Entah mereka sedang memancing ato iseng aja, buat olah raga gitu :p

Ada suara-suara misteri di sana, diantaranya suara Cekakak Sungai dan Mandar batu. Suara-suara itu intens terdengar but it’s so hard to identify where they are :((

Yang saya sangat pingiiiiiiiiiiiiiiiiiiin sekali ketemu tu Bangau tontong, pasti pengen nangis kalo saya ketemu dan bisa identifikasi secara langsung @_@

Well..the journey has just began and the adventure will follows🙂 but don’t forget your mosquito repalent along :p hahaha

Keep birding to catch the flying birds fly.

Salam dari Gresik🙂

fatimah, gresik, 27 juli 2011

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
This entry was posted in I catch the birds, Kopi Hitam ku, Perpustakaan Alam, Peta Wisata Gresik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Telaga Ngipik, Oase di tengah panasnya kota Gresik

  1. Asman AP says:

    nice report,… mantap mbakyu,…

  2. Aku milu mbak…
    Lama juga tak pengmtan ne..
    san soyo kethul yake listQu….Huhuhu…

  3. imam says:

    Jadikan kunjungan itu sering, then u’ll discover more many amazing things…🙂

  4. imexplore says:

    i wish to…
    but you know? the newest thing i discover is a creepy story about missing fishing man few months ago :((
    dadi wediiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  5. maulana firdaus 83 says:

    di telaga ngipik itu serem bngt
    bnyk hantunya

  6. hati – hati klu memancing disana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s