Masjid Al-Ishlah, Masjid Kampus UNESA Baitul Makmur, Masjid Agung Gresik

Taraweh pertama- Masjid Al-Ishlah.

Taraweh pertama saya berjamaah di masjid Al-Ishlah di perumahan tempat saya tinggal. Masjidnya indah sekali, tidak bertembok hanya berpilar-pilar yang dihias dengan ornament cat dekoratif warna hijau bermotif akar-akar coklat. Suasana di masjid ini sama seperti suasana di masjid-masjid pada umumnya di area perumahan yang jamaahnya terdiri dari mulai anak-anak sampai dewasa, so…kalo suasananya sedikit agak terlalu gaduh itu karena anak-anak terlalu bersemangat taraweh :p Tapi menyenangkan sekali karena jamaah membludak sampai-sampai takmir harus menggelar terpal di halaman masjid untuk menampung seluruh jamaah.

Rangkaian sholatnya terdiri dari sholat isyak berjamaah, sholat sunat 2 rokaat secara munfarit (sendiri), kemudian dilanjutkan sholat taraweh berjamaah sejumlah 20 rokaat dengan 2 rokaat sekali salam, dilanjutkan ceramah kemudian 3 rokaat sholat witir berjamaah dan ditutup dengan doa bersama dan membaca niat berpuasa bersama-sama.

Tidak ada sajian khas sehabis taraweh yang biasa ada di jogja yang disebut “jaburan”. Jaburan biasanya berupa snack yang diberikan oleh donator yang dibagikan kepada jamaah sebelum pulang. Anak-anak sangat suka jaburan🙂 .

Taraweh kedua –  Masjid kampus UNESA Baitul Makmur.

Taraweh kedua saya berjamaah di masjid kampus UNESA, Masjid Baitul Makmur.

Taraweh kedua ini sekaligus buka puasa pertama di bulan ramadhan tahun ini. Saya berbuka puasa bersama pacar saya furqon dan sahabat saya pepenk (feriyal) dan teman kerja mereka berdua mas rosid. Say, pepenk danmas rosid sama-sama sedang jadi musyafir di Surabaya, hehehe karena kami tahun ini bekerja di Surabaya yang jauh dari kota kami, jadi kerinduan akan suasana buka puasa yang hangat itu menyatukan kami untuk berbuka puasa🙂 dan yes, we are happy🙂 .

Masjid kampus UNESA terletak di area kampus tapi agak sedikit jauh dari keramaian, tepatnya dikelilingi oleh danau, dan ladang. Pemukiman paling dekat dengan masjid ini mungkin rata-rata kost-kost-an mahasiswa, bias dilihat dari mayoritas jamaah yang rata-rata berusia mahasiswa. Hanya sedikit anak-anak dan orang tua. Jamaahnya juga tidak terlalu banyak, hanya separo masjid saja,tidak seperti di masjid Al-Ishlah, dan tidak ada ceramah, atau mungkin kami ketinggalan, soalnya kami telat datengnya😦

Taraweh ketiga – Masjid Agung Gresik.

Taraweh ketiga, akhirnya kesampaian juga sholat di Masjid Agung Gresik🙂 . Masjid yang setiap hari saya lewati pergi dan pulang kerja atau jika saya mau pergi kemana-mana ini selama ini yang hanya jadi keinginan akhirnya mala mini saya bersujud di dalamnya.

Suasana Masjid Agung Gresik sangat sejuk, bangunannya megah, terdiri dari lantai dasar yang diperuntukkan sebagai gedung pertemuan, masjid berada di lantai dua, dan lantai atasnya lagi saya belum tau. Bangunannya bertembok dan juga berpilar besar di dalamnya. Lantainya marmer membuat saya betah menjalani seluruh rangkaian sholat ini sampai selesai. Ornamen masjid ini di dominasi warna hijau, atap hijau, hiasan dinding hijau pokoknya mayoritas hijau lah, my fave colour🙂 .

Ada yang membuat saya ketagihan di sini, rupanya di sini dalam setiap rokaatnya setelah bacaan alfatihah kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat-ayat dalam al-qur’an, bukan surat-surat pendek seperti di masjid-masjid sebelumnya. Mungkin ini yang dibilang orang-orang “khatam dalam sebulan”. Mala mini dimulai dari tengah surat Al-baqoroh yaitu beberapaayat sebelum ayat kursyi sampai tengah surat Ali Imron, tapi karena saya belum hafal al-qur’an jadi saya hanya menyimak, dan ikut melafalkannya pada ayat-ayat yang saya hafal saja. Rasanya gimana gitu kalo ketemu ayat yang hafal. Sejuuuuuuuuuuuuuuuuuukkkkk dan hepiiiiiiiii…hehehe

Imamnya membaca dengan sangat indah, faseh, makhroj dan tajwidnya saya yakin benar.

Hanya sedikit jamaah anak-anak jadi sholatnya bias lebih khusyuk karena suasana tenang. Ada beberapa juga sih jamaah anak-anak, tapi mereka manis sekali karena mereka nggak berisik dan mampu mengikuti rangkaian sholat mulai dari sholat isyak hingga witir secara penuh, nggak pake bolos lari-larian🙂 . Hebat sekali🙂 .

Setelah selesai sholat saya menuju parkiran menuruni tangga yang berbeda dengan tangga yang saya naiki sewaktu masuk tadi sambil melihat-lihat suasana dan bangungan masjid ini. Dari tempat parkir untuk keluar kami harus mengambil jalur sebelah kiri jadi kami disuguhi pemandangan keliling masjid. Benar-benar megah masjid ini….

Dari ketiga masjid yang saya datangi sama-sama tidak ada jaburan, mungkin jaburan itu tradisi yang hanya ada di jogja aja kali yak??? Ceramah/ kultum juga nggak selalu ada di setiap masjid. Yang jelas saya sudah mulai ketagihan ikut sholat taraweh dengan rangkaian yang ber-rokaat banyak🙂 rasanya benar-benar tentram, sedikit mengobati kerinduan saya pada suasana romadhondi jogja dekat dengan keluarga dan terutama semaraknya.

Ahhhh…besok taraweh ke masjid mana lagi ya🙂 ???

Salam dari gresik.
fatimah, 2 agustus 2011, 23.10 pm

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
This entry was posted in Dari masjid ke Masjid, Kopi Hitam ku, Peta Wisata Gresik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s