Layang-layang Api / Barn Swallow / Hirundo Rustica – Perjumpaan dengan para “pengembara”

Atap Kantor BPN Gresik, menjadi hotel peristirahatan mereka

Atap Kantor BPN Gresik, menjadi hotel peristirahatan mereka

Setiap hari saya memendam rasa rindu untuk berjumpa dengan para “turis pengembara”  ini. Hampir setiap perjalanan saya ketika melihat kabel listrik dan gedung tinggi, saya selalu celingak celinguk berharap bertemu dengan mereka, si Layang-layang api yang di daerah lain sudah lama berkliweran memenuhi angkasa mereka, dan di kota Gresik yang letaknya persis di pesisir pantura ini, hanya di beberapa spot saja saya bertemu mereka, itu pun hanya paling banyak yang pernah saya temui sekitar maximal 70-an individu.

1. Kabel listrik di sebelah danau Tlogo Ngipik, Kawasan Industri gresik (paling banyak 70 individu.

2. Kabel listrik di atas tempat sampah besar dekat jembatan yang menghubungkan Kawasan Industri Gresik dengan Kawasan perumahan Gresik Kota Baru (paling banyak 60 individu).

3. Kabel listrik dekat Universitas Muhammadiyah Gresik (sekitar 40-50 individu).

4. Udara (terbang) sekitar jalan Veteran Gresik, mereka menuju ke arah timur (pesisir) lumayan banyak, mungkin lebih dari seratusan bertebaran menuju arah yang sama ketika senja hari. Tapi sampai sekarang saya masih belum menemukan tempat tujuan mereka. Mungkin di sekitaran bangunan-bangunan pabrik yang tinggi itu mereka mejeng😀

5. Atap gedung BPN (Badan Pertanahan Nasional) Gresik- Komplek perkantoran PEMKAB Gresik.

Ini yang menarik perhatian saya sore ini sampai-sampai saya membelokkan arah mampir sebentar menyambangi mereka. Mereka bukan bertengger di pinggiran gedung atau lobang ventilasi atau di kabel nya, tapi mendarat nemplok plok ndeprok di atap gedung. Wah wah..lha iki..

Memang di area ini saya sering bertemu lumayan banyak (menurut saya) jenis. Antara lain :

– Bondol haji

– Bondol jawa

– Bondol peking

– Cucak kutilang

– Merbah cerukcuk

– Tekukur biasa

– Dederuk jawa

– Perkutut jawa

– Burung gereja erasia

– Cabak kota

– Layang-layang batu

– Sepah kecil

– Kacamata biasa

– Cipoh kacat

– Cabai jawa

– Burung madu sriganti

– Kekep babi

– Kuntul kerbau

– Kuntul kecil

– Cangak abu

– Blekok sawah

– Kokokan laut

– Bambangan coklat

– Pecuk padi kecil

– Cekakak sungai

– Cekakak jawa

– Alap-alap.sp (gliding)

– dan… Layang-layang api, finally, sore ini.

Saya udah salah sangka pada mereka, selama ini saya hanya melirik ke kabel-kabel listrik, ternyata saya salah, mereka juga menyenangi atap.

Memang pernah sekali saya menemukan mereka flocking di atap sebuah gedung pabrik pembekuan produk laut di Kawasan Industri Gresik, masih di dekat danau Tlogo Ngipik, mereka bercampur dengan Burung gereja erasia, saya pikir, ahh.. mungkin mereka cuma sedang gathering sama tetangga aja, ato welcoming party aja.. karena cuma 2x saya mengamati mereka di atap gedung itu.

Semoga lokasi yang saya temui sore ini menjadi “hotel langganan” mereka.  Lokasi yang selama ini luput dari pengamatan saya yang lebih fokus ke gedung DPPKAD dan Kantor Bupati yang lebih tinggi namun ternyata tidak menjamin. dan gedung BPN ini letaknya cukup dekat dengan jalan aspal ramai tapi ternyata malah lebih menarik mereka. Mungkin mereka suka mejeng kali ya???

 

Ah.. senangnya berjumpa para pengembara yang tangguh itu.

 

Gresik, 12desember2012, fatimah

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
This entry was posted in I catch the birds, Perpustakaan Alam and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Layang-layang Api / Barn Swallow / Hirundo Rustica – Perjumpaan dengan para “pengembara”

  1. Aku pernah lihat layang-layang api hinggapnya di atap gedung MM UGM… Nggak tau apakah sampai bermalam di sana…

Leave a Reply

