Itungan mburi

Jalanan tak selalu setapak

Jalanan tak selalu setapak

Ibarat menanam padi saja, kita akan menemukan gulma tumbuh di sekitarnya. Kita harus sering menyiangi nya. Apalagi kalo kita menanam gulma dan tidak pernah menyianginya, niscaya ladang kita akan menjadi belantara yang mungkin akan menyesatkan langkah kita.

Sudah berhati-hati dalam berbuat baik saja kita masih bisa terpeleset dalam kelalaian, apalagi kalo kita tidak berhati-hati dalam perbuatan buruk, tidak perlu heran kalo tiba-tiba celaka ato kehilangan apa yang dimiliki.

Ada sebuah cerita tentang seorang perokok yang awalnya hanya mencoba-coba saja. Lama-kelamaan menemukan keasikan dalam mengusir kejenuhan dan keisengan. Dia tau ketika dia merokok, secara pelan-pelan dia sudah menimbun racun di dalam tubuhnya.
Suatu ketika dia batuk dan dokter mendiagnosa penyakitnya.
Dia berusaha menyangkal, menyalahkan debu jalan dan bahkan AC yang tidak pernah berpindah dari tempatnya ditempelkan.

Sang dokter hanya tersenyum dan berkata :

“Anak muda, kalo kena debu jalan ato udara AC yang kotor saja kamu sudah batuk, kenapa malah kamu tambah dengan merokok? Apa kamu sedang berusaha membunuh dirimu?”

Apa yang kita miliki, harta, kekayaan, dan semuanya bahkan hidup kita, tidak ada yang abadi, semua akan kembali pada pemiliknya. Begitupun harta yang kita ambil, ketika itu seharusnya bukan untuk kita, serapat apapun brangkas kita untuk menyimpannya, orang lain akan tau, minimal toko tempat kita membeli brangkas akan menyimpan bukti pembelian kita atas brangkas itu. Kita tidak hidup di dunia ini sendirian. Ada orang lain dan hak orang lain dalam apa yang kita punya.

Tidak perlu tertawa terbahak ketika kita mengambil harta yang bukan hak kita, karena ketika kita harus mengembalikannya, kita pasti tidak akan mampu menahan keluh bahkan tangis.

Kita tau bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan, begitu pula korupsi, tidak akan pernah bisa baik untuk apapun dan siapapun.

Sebaris doa yang sejak awal saya diterima sebagai seorang pegawai negeri sipil, saya selalu berdoa supaya saya dilindungi dari korupsi. Dilindungi dari keburukan dan perbuatan buruk.

Saudara-saudara ku, belum sebulan kita dilantik, semoga selamanya kita selalu bisa saling menjaga generasi kita dari kejahiliahan modern. Langkahku mungkin lambat, aku bahkan belum mampu membeli kendaraan sendiri, plat merah itu hanya pinjaman yang bisa diambil kapan saja oleh bagian perlengkapan. Karirku mungkin tidak se-pesat kalian, tapi semua perjalanan ada prosesnya masing-masing, ada matang ada proses instan, mana yang kau pilih ???

Saat ini aku menitikkan air mata ketika kau terpuruk, bukan karena penderitaanmu, tapi aku sedih karena tak mampu mengingatkanmu.

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
Gallery | This entry was posted in Catatan hari Jum'at and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s