Awal trimester kedua kehamilan

Memasuki trimester kedua kehamilan tidak selalu sama pengalamannya pada setiap ibu hamil. Pengalaman saya, bayi saya sudah berbentuk manusia mungil, sudah terbentuk struktur pertulangan dan tempurung kepalanya, detak jantungnya bahkan sudah mampu membuat kami orangtuanya bergetar mendengarnya.

2013-10-08-12-15-51_deco

Foto USG Bayi ku di usianya yang ke-14 minggu.

Rasanya hari ini kami sulit berhenti tersenyum. Melihatnya tumbuh dan berkembang di dalam perutku, mendengar detak jantungnya, mengetahui bahwa dia sehat dan kondisinya sangat baik, normal sesuai usianya, perasaan istimewa yang baru kali ini kurasakan. Subhanalloh, Maha Suci Alloh yaang mampu membuat ini semua terjadi.

Kondisiku sendiri saat ini sangat baik, dengan berat badan 63Kg dan tinggi badan 153cm, rasanya sangat wajar kalo saya sudah sering merasa ngos-ngos-an saat menaiki tangga dengan cepat. Tapi semua itu, anehnya, tidak kurasakan sebagai sebuah beban, karena saya saaaaangat menikmati momen-momen bersama anakku. Aktifitasku di luar pekerjaan bersama teman-teman dan komunitas kalo dibilang berkurang ya memang berkurang, well lebih tepatnya saya kurangi sejak saya menikah, tapi bukan berarti aktifitas saya berkurang, saya masih tetap melakukannya semua hanya bedanya sekarang saya lebih banyak melakukannya bersama suami saya😉 hehehe

Mual, rasa ingin muntah, pusing sampe sesak nafas bahkan sembelit, itu semua kalo kita jalani dengan hepi maka tidak akan terasa sebagai beban atau siksaan. Saya menikmati sekali ketika badan terasa lemas, kepala terasa enteng alias nggliyeng, karena itu artinya saya boleh istirahat😀

Fenomena yang sering muncul pada saat kehamilan :

1. Pusing / nggliyeng.

Biasanya disebabkan karena turunnya tekanan darah, beda sama kurang darah lho yaaa… Kalo kurang darah itu artinya hemoglobin / sel darah kita kurang dari normal, cara nge-tes nya harus dengan sample darah. Tapi kalo darah rendah itu hanya tekanan darah kita yang kurang, cara nge-tes nya cukup dengan tensimeter yang biasanya dibalutkan di lengan trus dipompa itu tu…

Rasa pusing yang disebabkan oleh tekanan darah yang fluktuatif (skali lagi nggak sama pd stiap ibu) ada yang rendah ada yg tinggi, disebabkan karena asupan nutrisi yang mungkin kurang seimbang, bisa juga karena faktor emosi, kita tau kan kalo ibu hamil itu secara hormonal sedang berubah, tentu saja itu akan mempengaruhi respon emosi kita yg akhirnya mempengaruhi tekanan darah dan mungkin memicu sakit kepala.

2. Rasa mual.

Ini disebabkan karena naiknya asam lambung yang lebih dari biasanya hingga menyebabkan rasa ingin muntah. Itu normal dan itu tidak berbahaya. Saya bahkan sering muntah sampe keluar bercak darah segar. Tapi dari pengalaman saya saat menderita tukak lambung, lihat warna darahnya, kalo merah segar, kemungkinan itu efek dari luka pada lambung ato saluran pencernaan ato kerongkongan dan tenggorokan. Nhaaa kalo warna darahnya sudah warna merah tua dan kental itu kemungkinan sudah bukan luka biasa dan perlu pemeriksaan lebih lanjut. Begitu dokter maag saya bilang untuk saya bisa mendeteksi diri secara dini dengan cara yang simple.

Kadang, pada beberapa wanita, muntahnya hanya air ludah saja, itu normal. Teman saya cerita bahwa dulu dia muntah sampe keluar ludah berwana kuning dan pahit. Percayalah, muntah karena tukak lambung masih lebih nggak enak. no one wish for it to know..

3. Rasa sesak bernafas.

Ini, hehehe.. ternyata mengindikasikan bahwa si ibu sedikit agak rakus dan malas. Kenapa ???

Rasa sesak itu bisa disebabkan oleh penyakit pernafasan, tapi kalo nggak punya riwayat sakit pernafasan sebelum hamil dan tiba-tiba sesak nafas…..lha ini… lagi-lagi kata dokter saya, itu disebabkan karena si ibu makan terlalu banyak hingga asam lambung naik begiitu cepat dan mendesak ke atas (tau’ dah atas mana, mungkin ke saluran pernafasan/kerongkongan) hingga menimbulkan rasa sesak bahkan muntah (lagi).

Sesak ini juga yang kadang bisa jadi biang kita kekurangan nutrisi, karena mungkin maunya kita makan banyak dengan alasan ngasih gizi ke 2 orang nih skarang😀 tapi karena makan kebanyakan akhirnya jadi sesak trus muntah bersama makanan yang harusnya enak banget tadi jadi malah percuma kita makan banyak.

Satu lagi penyebab rasa sesak adalah, ketika habis makan, si ibu langsung tidur/tidak berktifitas dulu. Itu menyebabkan makanan yang kita makan belum sempurna dicerna tapi badan udah turun mesin (tidur) akhirnya itu juga bisa memicu naiknya asam lambung. mual lagi…sesek lagi…muntah lagi deh…

Tapi jangan sedih, ada caranya..tapi skali lagi, kondisi setiap ibu hamil nggak selalu sama, at least ada tips and tricks untuk mengurangi resiko itu.

Tips :

– Supaya nggak pusing/sakit kepala/puyeng bin nggliyeng – Jaga nutrisi dan emosi.

Asupan nutrisi /gizi yang baik dan seimbang dan cukup tentu saja akan menjaga tekanan darah kita tetap dalam kondisi normal, yang menurut saya juga menjaga kondisi emosi kita lebih stabil.

Orang laper gampang marah cyinnnttt.. :p itulah knapa orang tua selalu bilang kalo lagi hamil harus jaga sikap, secara logika, ketika kita pemarah, tekanan darah kita juga terpicu untuk naik, mungkin itu bisa jd pemicu pusing.

Perut kenyang bikin hepi coy… dalam kondisi hepi, kita akan lebih bisa mengurangi rasa cemas, rasa cemas mungkin akan memicu turunnya tekanan darah. Memang ibu hamil sering mengalami kecemasan yg lebih dr biasanya, pigimane kagak ??? body mengembang, ada manusia dalam perut sementara kita menghadapi banyak tantangan dari luar, takut salah makanan, khawatir kondisi janin kita, dan mungkin masiih banyak faktor penyebab kecemasan saat hamil.

Take a deep breath, rilex, dan berdoa, percayalah, Tuhan sedang membuat kita istimewa dengan anugrah yang sangat istimewa dalam perut kita saat mengandung maka Dia akan selalu melindungi dan menjaga setiap ibu hamil yang bersyukur.

– Supaya nggak mual – per-sering makan meski sedikit.

Usahakan makan sebelum terasa lapar, jangan biarkan lambung kosong terlalu lama. si anak mungkin gakpapa, lha ibu yang lagi mengandung ini, kan kasian kalo sampe “mabok” gitu, ya to ???

– Supaya nggak Sesak nafas – Habis makan jangan langsung tidur.

Saya, punya kebiasaan metabolisme yang manja, kalo laper susah tidur :p  Jadi saya usahakan untuk makan minimal 2jam sebelum jam tidur saya biasanya. Saya memang susah tidur sore, kecuali sedang lelah, biasanya saya tidur diatas jam 12 malam ato setelah selesai acara tv yang bagus hehehe.. Saya dan suami memang mengusahakan untuk makan malam bersama, padahal suami saya pulang kerja sekitar jam 10/11 malam. Di sinilah akhirnya saya temukan manfaat insomnia saya hehehehe saya jadi nggak merasa tersiksa menunggu suami saya pulang kerja dan baru bisa makan malam, setelah makan pun saya belum tentu bisa langsung tidur, jadi masih ada waktu untuk bercengkrama keluarga yang biasanya kami saling berbagi cerita kami seharian tadi, sembari perut saya mencerna makan malam saya🙂

****

Percaya nggak percaya, ikatan emosi anak dengan orang tua baik bapak maupun ibu itu sudah dimulai sejak sel itu bertemu dan membelah memperbanyak diri. Ketika saya pulang kerja naik mobil (angkot) dengan guncangan yang luar biasa dahsyat dan baru di kota ini saya rasakan penumpang angkot setangguh itu, bayangin aja, di kota lain mungkin angkot lewatnya jalan raya, di tempat saya skarang, angkot lewatnya gang perumahan bo’.. dengan jarak antar polisi tidur yg cukup rapat skitar 10-15 meter bisa dibayangkan gimana ndut-ndut-an nya angkot di sini, sering itu bikin perut saya kram dan keras. Kadang meski saya sudah berusaha rileks tetep aja masih kram dan sakit. Jurusnya adalah saya bawa tadarus, secara ajaib kram itu berkurang, yang lebih ajaib lagi ketika suami saya mengelus perut saya, kram itu selalu berangsur ringan.

Subhanalloh… Maha Suci Alloh yang menciptakan darah lebih kental dari air..Dia menumbuhkan kedekatan anak dengan orangtua bahkan sejak anak masih di dalam kandungan.

Sementara pengalaman “beda” saya baru segitu, pasti akan bertambah seiring pertumbuhan janin saya dan insyaalloh akan saya bagi bersama tips nya, semoga akan berguna untuk ibu hamil amatir (hamil pertama :p ) seperti saya yang tinggal jauh dari keluarga kecuali suami.

8oktober2013, class5climbing-gym, surabaya (kantor suamiku)
fatimah.

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
Gallery | This entry was posted in Anak pertamaku, Keluarga, Kopi Hitam ku, Tips and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Awal trimester kedua kehamilan

  1. Ismi Syaroni Bunda Aura says:

    Sama dengan saya… Ketika perut ato pinggang terasa kram ato kaku… Setiap di elus oleh papanya sambil di doain…. Kram itu juga berangsur reda… Subhanallah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s