Puasa ngopi

Setiap ibu melahirkan pasti mendambakan proses menyusui, setidaknya itu menurut saya, begitu juga dengan saya yang selalu berdoa dan berharap bisa menyusui bayi saya secara optimal dan maksimal.

Saya rela melepas beberapa kebiasaan dan perilaku saya yang sekiranya akan menghambat proses menyusui, salah satu nya adalah ngopi atau minum kopi.

Saat ini saya sedang puasa ngopi. Setidaknya untuk beberapa bulan ke depan, well..okey, mungkin beberapa minggu, hehe at least sampai saya yakin pencernaan bayi saya cukup kuat untuk mengkonsumsi ASI berkafein😀 Nhah kapan itu? entahlah, nanti pasti akan kelihatan juga kok tandanya. Itulah kenapa ibu dianugrahi intuisi oleh Tuhan yang maha keren.

Jujur, saat ini saya lagi sakau kopi, tenaga yang tersisa di badan saya mungkin tinggal kurang dari 30% dari energi full yang bisa saya upayakan. Tapi demi anak-anak, saya bisa mem-boost tenaga itu menjadi at least 70% energi. Saya harus punya cukup energi untuk kedua anak saya dan cinta membuat saya mampu bertahan demi mereka berdua.

Sumpah! gua butuh kopi sekarang!

Itu kalimat yang terngiang di otak saya sekitar beberapa menit yang lalu saat Saffanah, anak perempuan saya, masih terjaga. Dan skarang setelah dia tidur, kalimat itu mereda dan berganti,

Bangunkan Yahya, ganti baju nya, susui, lalu istirahat, believe me, it will cure everything..

Entahlah..punggung ini rasanya udah ada di belakang aja, man ! Dengkek’en bu nyaiiiii !!!

Menikmati dan mensyukuri setiap prosesnya adalah kunci sukses dalam menyusui. Karena kalo nggak gitu bisa stress mendekati depresi, frustrasi dan akhirnya mempengaruhi proses menyusui.

Tapi sebagaimana adab nya, yang namanya puasa, selalu ada berbuka puasa di akhir hari nya. Di situ lah puncak kenikmatannya..


gatau ini tanggal brapa, tp ini hari jumat. fatimah. rumah jogja. memunguti sisa kewarasan.

About imexplore

Im trying to exploring some things to explore. Sebatas kemampuanku menjelajahi dunia bersama hati dan fikiranku.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

